Cara Charge HP Agar Baterai Cepat Penuh

271 views

Hampir semua pengguna smartphone mempunyai masalah di baterai, salah satunya yaitu pengisian daya atau charge smartphone yang lama dan daya baterai yang cepat habis. Untuk hal ini, kamu perlu untuk mengetahui bahwa tipe charger disetiap smartphone itu berbeda, ada yang sudah suport quick charging atau pengisian daya cepat dan ada yang belum.

Tapi jika smartphone kamu belum support sistem quick charging, kamu masih bisa mengakalinya supaya pengisian daya baterai lebih cepat dari biasanya. Harus tetap diingat bahwa tips ini hanya mengupayakan pengisian lebih cepat, bukan berarti bisa mengalahkan teknologi quick charging yang sudah bawaan pabrik. Simak cara agar pengisian baterai cepat penuh dibawah ini.

Baca Juga :

1. Gunakan Charger Bawaan HP

Hampir semua charger memiliki port yang sama, baik itu original maupun fake atau KW. Namun perlu diperhatikan bahwa daya yang dikeluarkan tiap charger pasti berbeda-beda. Misal charger bawaan memiliki uotput 2A, tetapi jika menggunakan charger yang bukan bawaan hanya memiliki output 1A/1,5A. Hal ini tentu akan memperlambat proses pengisiannya.

2. Hindari Terlalu Sering Menyentuh Smartphone

Cara Charge HP Agar Baterai Cepat Penuh

Terlalu sering menggunakan HP akan menghambat proses charging. Tapi jika kamu orang yang memerlukan smartphone karena banyak pesan atau panggilan penting, kamu bisa meminimalkan tidak menyentuh smartphone selama beberapa menit untuk pengisian daya yang lebih cepat.

3. Matikan Fitur yang Tidak diperlukan

Sebelum melakukan charging smartphone, sebaiknya periksa fitur-fitur yang masih menyala namun tidak begitu diperlukan. Fitur seperti GPS, Wi-Fi, Bluetooth atau beberapa fitur lain yang bisa menghabiskan daya baterai. Tutup semua aplikasi untuk mengindari proses update otomatis.

4. Menyalakan Mode Pesawat

Semakin sedikit aktivitas smartphone pada saat mengisi daya maka semakin cepat juga proses charger nya. Mengaktifkan mode pesawat bisa menjadi solusi untuk memblokir semua aktifitas nirkabel di smartphone, otomatis pengisian daya juga akan lebih cepat.

5. Mengaktifkan Mode Battery Saving

Fitur battery-saving sudah ada sejak peluncuran Android 5.0 Lolipop. Mode ini akan menonaktifkan aktivitas tidak penting selama proses pengisian daya, membatasi aktivitas di background smartphone dan menurunkan performa smartphone. Sehingga proses charging akan lebih cepat.

6. Matikan Smartphone

Jika dengan cara mengaktifkan mode terbang dirasa kurang efektif, kamu bisa menonaktifkan HP kamu saat proses charging. Namun kalau menonaktifkan HP, kamu tidak akan menerima pemberitahuan apapun tetapi dengan cara ini proses pengisian akan lebih cepat.

Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa mengkombinasikan keenam tips diatas. Misalnya kamu bisa menggunakan charger bawaan HP, mengaktifkan mode battery saving dan jangan terlalu sering menyentuh HP yang sedang di isi. Selamat mencoba.

Tags: #Android #Cepat #Charge #Fast Charging #Power Bank #Tips dan Tutorila

Banner iklan disini