Cara Paling Mudah Memindahkan Aplikasi Android ke SD Card

186 views

Banyaknya aplikasi dan game di ponsel android kerap membuat ponsel tersebut menjadi lemot, itu biasanya karena memori internal yang mulai penuh. Karena data aplikasi dan game pada dasarnya memang tersimpan di memori internal atau memori telepon.

Untuk mengatasi kalian bisa memindahkan aplikasi android ke SD Card, ini bertujuan agar memori internal jadi lebih lega karena data aplikasi dan game sudah dipindahkan.

Nah untuk memindahkan aplikasi dan game ke SD Card caranya mudah sekali, hanya menggunakan aplikasi yang bernama Link2sd maka data aplikasi dan game di ponsel kalian bisa langsung di pindahkan ke SD Card atau Micro SD. Untuk aplikasi Link2sd sendiri bisa kalian download gratis di Play Store.

Cara Memindahkan Aplikasi Android ke Sd Card

Baca Juga:

Ada beberapa syarat yang harus dilakukan sebelumnya agar bisa memindahkan aplikasi maupun game di ponsel kalian ke SD Card, syaratnya yaitu:

  1. SD Card harus sudah di partisi terlebih dahulu. (jika bingung caranya bisa mencarinya di google, karena saya belum punya artikel yang membahas ini)
  2. Ponsel Android kalian harus dalam keadaan rooted, juka belum baca ini: Cara Root Android Tanpa Pc

Juka syarat di atas sudah dilakukan semua, sekarang kita lanjutkan ke tutorial memindahkan aplikasi ke SD Card, simak baik-baik caranya di bawah ini.

  • Buka aplikasi Link2sd yang sudah kalian download dari play store, biasanya akan diminta akses root atau akses super user kalian pilih saja “Alow
  • Untuk pertama kali memakai aplikasi ini, kalian akan dihadapkan dengan pilihan file system di partisi kedua yang asalnya dari microSD, yaitu ext2, ext3, ext4, FAT16/32 dan pilih yang “ext2“. Ingat di sini SD Card harus sudah terpartisi sebelumnya ya.

Memindahkan Aplikasi dan Game dengan Link2sd

  • Biasanya nanti kalian akan diminta melakukan restart atau reboot, maka ikuti saja petunjuk disitu. Jika sudah di restart jalankan lagi aplikasi Link2sd-nya.

Menggunakan Link2sd untuk memindahkan aplikasi dan game android

  • Jika setelah reboot dan membuka aplikasinya tapi terjadi eror, maka ubahlah yang tadinya menggunakan file system ext2 menjadi ext3. Dan jika masih eror juga gunakan yang lainnya lagi.
  • Jika proses tadi sudah berhasil sekarang tinggal kalian memilih aplikasi dan game mana saja yang ingin dipindahkan ke SD Card. Pilih pada tombol pilihan kemudian pilih “Multy Select“, ini agar lebih mudah memindahkan banyak aplikasi sekaligus. Sebagai contoh lihat gambar berikut ini:

Memindahkan aplikasi Android dengan Link2sd

  • Ingat yang bisa dipindahkan hanya aplikasi yang kita download sendiri, jadi untuk aplikasi bawaan hp tidak bisa dipindahkan ke SD Card.
  • Jika sudah memilih aplikasi mana saja yang akan dipindahkan sekarang tekan menu pilihan lagi, lalu pilih “Creat Link“.

Pindahkan Aplikasi Android ke Sd Card

  • Selanjutnya centang semua pilihan yang muncul, lalu langsung klik “OK” untuk memulai proses pemindahan aplikasinya.

Memindahkan Aplikasi ke Sd Card

  • Tunggu sampai proses pemindahannya selesai, buruh waktu untuk proses ini. Jika sudah silahkan kalian periksa apakah memory internal sudah menjadi lebih lega atau belum. Jika sudah brarti proses memindahkan aplikasi android ke SD Card berhasil.
  • Jika ingin otomatis memindahkan aplikasi yang di download ke dari memory internal ke SD Card kalian tinggal masuk menu seting aplikasi Link2sd dan pilih dan aktifkan “Auto Link“.
  • Tambahan, aplikasi Link2sd ini bisa juga dipakai untuk menghapus aplikasi bawaan hp, sehingga memori internalpun akan menjadi lebih longgar atau lega.

Nah itu saja pembahasan dari saya kali ini tentang cara memindahkan aplikasi dari memory internal ke Sd Card, semoga bisa bermanfaat buat kalian yang memiliki ponsel android dengan memori internal terbatas. Cara ini sungguh sangat bermanfaat sekali agar ponsel mampu menginstal aplikasi atau game lebih banyak.

Tags: #Android #Memindahkan Aplikasi

Banner iklan disini