Cara Mudah Untuk Memperbaiki Hp Yang Terkena Air

Diposting pada

Barang elektronik salah satunya hp baik itu Android, iPhone, maupun hp biasa sangat rentan jika terkena air, kecuali hp tersebut memang sudah dirancang khusus tahan air. Kasus yang kerap terjadi adalah hp jatuh kedalam air, terendam bersama celana saat mencuci, atau bisa karena terkena hujan yang mengakibatkan air masuk kedalam bagian hp.

Lantas bagaimana cara memperbaiki hp yang terkena air?

Yang akan saya bahas disini sebenarnya bukan memperbaiki hp yang sudah rusak terkena air, melainkan langkah awal atau penanganan awal harus segera dilakukan sebelum terjadi kerusakan yang serius. Tetapi jika kalian melakukan langkah ini dengan cepat, masih ada kemungkinan hp akan selamat.

Karena yang namanya barang elektonik sangatlah mudah rusak jika terkena apalagi sampai terendam air, apalagi beberapa komponen pada hp sangatlah mudah rusak jika terkena air. Namun dengan cara inio diharapkan agar hp tidak sampai mengalami kerusakan parah apalagi sampai mati total.

Kerusakan yang kerap terjadi ketika hp terkena air diantaranya:

  1. Yang paling parah adalah hp mati total.
  2. Hp bisa menyala kembali, namun ada beberapa bagian yang mengalami kerusakan.
  3. Layar Blank, baik itu blan putih atau hitam.

Cara Memperbaiki Hp Yang Terkena Air

Baca Juga:

Nah Untuk Cara Memperbaiki Hp Yang Terkena Air Terbilang Cukup Mudah, Simak Berikut Ini

Faktor yang paling berpengaruh dalam memperbaiki hp yang terkena air adalah seberapa cepat kalian melakukan perbaikan. Sebab semakin lama hp terendam akan semakin banyak air yang masuk, dan merusak komponen di dalamnya. Apalagi jika sudah sampai ke PCB atau (Printed Circuit Board) akan sulit nanti untuk memperbaikinya, karena ini adalah tempat menempelnya komponen penting dari sebuah hp.

Baca Juga:  Cara Mudah Membuat Penguat Sinyal Hp Sendiri

Namun jika kalian menanganinya dengan cepat, kemungkinan hanya akan terjadi kerusakan-kerusakan kecil saja seperti pada speaker, slot sim card, dan LCD. Dan yang harus di lakukan jika hp terkena air adalah:

  • Lepas Baterai, Kartu SIM, dan Kartu Memori

Segeralah lepas baterai hp tersebut, jadi jangan coba untuk menyalakannya. Karena dikhawatirkan sudah ada air didalamnya, dan bisa mengakibatkan hubungan arus pendek atau konsleting jika hp dinyalakan. Selain itu lepas juga Kartu SIM dan Kartu memori yang ada didalam hp tersebut.

  • Bongkar Hp Tersebut

Bongkar habis hp kalian, lepaskan semua scrup yang ada agar hp bisa dibuka bagian dalamnya. Proses membongkarnya sebenarnya cukup mudah, cukup melepas semua scrup yang ada disitu dengan obeng. namun jika kalian takut membongkarnya sendiri bisa menyuruh orang lain.

  • Cek Pada Bagian LCD dan Komponen Lainnya

Nah jika hp sudah dibongkar, dan masing masing komponen sudah terpisah segera lakukan pengecekan apakah ada air atau tidak. Jika ternyata memang ada airnya segera lap air tersebut kemudian keringkan dengan cara menggunakan hair drayer atau kipas angin atau bisa juga dengan membenamkannya di dalam beras. Ini bertujuan agar komponen-komponen tersebut benar-benar kering.

Sedangkan untuk baterainya jika memang terkena air bisa kalian jemur di bawah sinar matahari selama 1-2 jam, supaya benar-benar kering.

  • Pasang Kembali Hp Tersebut dan Coba Nyalakan

Setelah semua komponen dirasa sudah benar-benar kering kalian bisa memasang atau merakit kembali hp tersebut, ingat disini kalian harus merakitnya dengan benar seperti awalnya tadi. Jika semua sudah terpasang dengan benar sekarang coba pasang kembali baterainya dan coba nyalakan, pada kasus yang pernah saya alami hp bisa menyala kembali tanpa adanya kerusakan, karena memang pada waktu itu saya langsung menanganinya dengan cepat.

Baca Juga:  Cara Terbaru Membuat Nickname Mobile Legends Jadi Berwarna

Namun jika ternyata tidak bisa dinyalakan segeralah bawa ke tukang service hp, agar diselesaikan oleh ahlinya. karena dimungkinkan sudah ada komponen yang rusak didalamnya yang mengakibatkan hp tidak mau menyala.

Oke itu saja penjelasan tentang cara memperbaiki hp yang terkena air, cara ini tidak akan menjamin hp kan kembali bisa digunakan. Seperti yang saya bilang tadi, jika kalian cepat dalam penanganannya saya rasa hp akan terselamatkan. Kuncinya adalah pada baterai, yaitu harus segera dilepaskan. Terimakasih, sampai jumpa dengan tutorial lainnya dari kami di Bandingan.com

Suka dengan artikel kami? Like dibawah ini!