Cara Ampuh Mengatasi “Can’t Connect to the Camera” atau Tidak Bisa Terhubung dengan Kamera di HP Android

Diera digital serba digital seperti ini memang semua smartphone dan tablet sudah memiliki fitur kamera yang bagus. Tak jarang juga orang-orang yang memiliki dual camera di smartphone nya, yaitu kamera depan dan kamera belakang. Bagi sebagian orang keberadaan kamera ini tidak begitu penting, tetapi keberadaan kamera ini akan menjadi sangat penting buat kamu yang hobi fotorgrafi atau hanya sekedar iseng memotret keadaan sekitar.

Nah bagaimana jika kamera di smartphone kamu muncul pemberitahuan can’t connect to the camera atau tidak bisa terhubung dengan kamera? Masalah ini seringkali timbul bagi pengguna smartphone setelah mereke upgrade OS android, mengganti custom ROM atau bisa saja ada masalah lain yang menyebabkan kamera di smartphone kamu muncul tulisan tidak bisa terhubung dengan kamera.

Namun buat kamu yang merasa tidak pernah upgrade OS android dan tidak pernah melakukan custom ROM hal ini juga bisa terjadi. Sebagai pengguna smartphone yang masih terbilang baru atau awam, oran-orang yang mengalami kjadian seperti ini pasti akan langsung membawanya ke jasa service atau klaim garansi ke service center. Namun sebelum melakukan hal itu sebaiknya kamu coba beberapa cara mengatasi can’t connect to the camera atau tidak bisa terhubung dengan kamera dengan beberapa tips dibawah ini.

Baca Juga : Cara Mudah Menghapus Aplikasi Bawaan Pada Android Tanpa Root

Cara Mengatasi “Can’t Connect to the Camera” di HP Android :

1. Restart Smartphone

Ketika aplikasi kamera tidak menanggapi atau tidak merespon, cara yang paling mudah untuk mengatasinya adalah dengan cara restart smartphone kamu dan melepaskan semua kelengkapan smartphone seperti SIM Card, Micro SD dan baterai selama kurang lebih 5 menitan. Nyalakan kembali smartphone kamu dan masuk ke kamera. Jika belum juga teratasi ada baiknya coba beberapa tips dibawah ini sampai berhasil.

2. Hapus Cache di Kamera

Cache atau yang disebut sampah dalam sebuah aplikasi jika tidak rutin dibersihkan pasti akan menumpuk dan juga akan menghambat fungsi kamera sehingga muncul tulisan can’t connect to the camera atau tidak bisa terhubung dengan kamera.

Cara membersihkan cache atau sampah di kamera kamu bisa menuju ke menu PengaturanAplikasiPilih Kolom Semua AplikasiCari Aplikasi Kamera nyaKlik Aplikasi KameranyaKemudian Pilih Hapus Data dan Hapus Cache. 

3. Pasang Aplikasi Kamera Pihak Ketiga

Jika kamera bawaan bermasalah dan muncul tulisan can’t connect to the camera atau tidak bisa terhubung dengan kamera, kamu bisa memanfaatkan aplikasi kamera pihak ketiga yang bisa kamu unduh di playstore atau appstore di smartphone kamu. Kamu bisa memilih aplikasi kamera yang kamu sukai.

4. Reset Smartphone ke Setelan Pabrik

Jika dengan ketiga cara diatas belum juga terpecahkan, maka kamu bisa mencoba tips keempat ini. Tips yang keempat yaitu mengembalikan smartphone kamu ke setelan pabrik atau ke setelan seperti kamu pertama kali membeli smartphone itu. Cara reset smartphone ini ada dua, yaitu soft reset dan hard reset. Kali ini Saya akan menunjukan cara yang soft reset karena hard reset sudah pernah Saya bahas diartikel sebelumnya. Tapi jika kamu ingin reset dengan cara hard reset bisa klik disini untuk mencobanya.

Soft reset ini bisa dilakukan di menu PengaturanBuat Cadangan & Setel UlangKemudian Pilih Kembalikan ke Setelan Pabrik.

Jika kamu melakukan soft reset ini otomatis semua data yang ada di smarphone kamu akan hilang. Untuk menyiasati hilangnya data, sebaiknya backup atau salin data-data yang menurut kamu penting terlebih dahulu.

5. Flash Ulang Firmware Android

Jika keempat cara diatas masih belum berhasil juga, maka kamu perlu melakukan flash ulang firmware android. Flash ulang firmware android dilakukan karena yang bermasalah dan tidak dapat terhubung dengan kamera adalah sistem di smarphone kamu. Mungkin firmware atau sistem yang kamu gunakan saat ini dalam keadaan error sehingga sistem tidak bisa berjalan dengan baik.

Untuk flash ulang firmware android setiap smartphone memiliki firmware yang berbeda-beda tergantung dari merk dan tipe smartphone nya.

Itu dia ulasan dan tips mengatasi can’t connect to the camera atau tidak bisa terhubung dengan kamera yang dapat Saya bagikan. Semoga bermanfaat buat kamu yang sedang mengalami masalah dengan kamera di smartphone nya. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya.

Tags: #Android #Kamera #Tips dan Tutorila

Banner iklan disini