7 Cara Mengatasi Touchscreen Android yang Error dengan Mudah

263 views

Sebelum membahas Layar sentuh yang rusak, kamu harus mengetahui terlebih dahulu beberapa penyebab touchscreen error. Bisa karena terjatuh, terinjak atau tersiram air. Tentu saja dengan penyebab kerusakan yang berbeda penanganannya pun berbeda pula.

Layar smartphone terdiri dari dua bagian, yaitu bagian luar dan dalam. Untuk lapisan luar memiliki fungsi sebagai pelindung dan lapisan dalam berfungsi sebagai layar utama atau LCD yang memiliki koneksi dengan power dan flexible. Nah, sekarang kamu coba analisis sendiri, kenapa touchscreen smartphone kamu bisa error.

Baca Juga :

Temukan solusi dan cara mudah mengatasi touchscreen android yang error dibawah ini.

1. Bersihkan Layar Smartphone

Layar smartphone tidak berfungsi dengan baik bisa saja karena ada noda atau kotoran yang menempel dan menghalangi sentuhan pada layar smartphone sehingga berakibat error. Walaupun HP kamu termasuk dalam kategori mahal, membersihkan layar menjadi hal yang wajib. Sebaiknya gunakan kain microFiber khusus untuk HP.

2. Force GPU

Salah satu penyebab layar touchscreen memiliki gangguan adalah karena sektor transisi yang buruk. Gunakan Force GPU Reading untuk meringankan elemen layar. Ikuti 2 cara dibawah ini untuk mengaktifkan fiturnya.

  • Pertama, masuk ke menu Setting -> Developer Options -> Force GPU reading.
  • Kedua, masuk ke menu Setting -> About Phone -> Developer Options.

3. Kalibrasi Layar

Jika layar tidak mengalami kerusakan seperti retak atau pecah tetapi lambat untuk merespon, cara kalibrasi layar ini bisa kamu coba.

  • Pertama, Pilih menu Pengaturan lalu klik Display.
  • Kedua, klik Kalibrasi dan secara otomatis layar akan tampak blank putih. Layar blank itu adalah bagian dari proses kalibrasi.
  • Ketiga, kllayar putih tersebut dan ikuti perintah yang ada dilayar hingga proses kalibrasi selesai dan layar akan kembali normal.

4. Multitouch Tester

Aplikasi ini tergolong aplikasi baru. Namun tak ada salahnya dicoba untuk mengatasi layar sentuh HP kamu yang mulai tidak normal atau bahkan lag. Kamu hanya perlu download aplikasi di Playstore.

  • Pertama,download aplikasi Multitouch tester di Playstore dan tunggu hingga proses instalasinya selesai.
  • Buka aplikasinya, untuk pertama kamu akan diminta menempelkan jari ke layar smartphone.
  • Jika kamu sudah menempelkan jari ke layar tetapi tidak ada yang terhitung, bisa dipastikan ada layar HP yang rusak.

5. Cek RAM

Jika terdapat tampilan layar yang aneh misalnya seperti disentuh tetapi tidak bergerak atau tidaj responsif, cek RAM pada smartphone kamu. Smartphone berbasis Android memang termasuk sistem yang banyak memakan ruang dan bisa mengakibatkan layar sentuh kurang responsif. Hapus aplikasi yang tidak diperlukan dan cek kinerja RAM secara berkala.

6. Reset Ulang

Jika layar sentuh sudah tidak merespon sama sekali, salah satu solusinya dengan mereset ulang handphone kamu. Banyak sekali cara flash HP Android, namun jika layar sudah tidak bisa bergerak kamu bisa melakukan cara dibawah ini.

  • Pertama, tekan tombol Power dan tombol Volume bagian bawah secara bersamaan sampai handphone bergetar dan muncul menu dilayar.
  • Pilih menu Factory Reset untuk mengembalikan handphone ke pengaturan pabrik (seperti pertama kamu membelinya). Gunakan tombol Volume untuk menaikan atau menurunkan pilihan kamu, dan tekan tombol Power untuk memilihnya.
  • Ketiga, Pilih Reeboot System Now dan tunggu hingga proses loading selesai. Layar akan kembali normal.

7. Ganti Komponen

Jika keenam cara diatas belum juga mengatasi masalah error layar kamu, langkah yang terakhir adalah kamu harus mengganti komponen layarnya. Mungkin layar handphone kita rusak karena memang terjatuh atau retak dibagian layarnya. Jika sudah begini cara terbaik adalah membeli layar baru apalagi jika sudah merusak LCD atau bagian dalamnya.

Semoga 7 cara mengatasi layar error diatas bisa mengatasi masalah kamu. Sehingga kamu tidak perlu membawanya ke konter ataupun service centre karena caranya yang sangat mudah dan bisa kamu lakukan sendiri tanpa resiko yang berarti. Kecuali nomor 7, kamu harus membawanya ke konter service untuk memastikannya.

Tags: #Android #error #Hp Rusak #layar sentuh #rusak #Samsung #Tips dan Tutorila #touchscreen #Xiaomi

Banner iklan disini