Cara Menggunakan Google Keyword Planner Untuk Riset Keyword

167 views

Cara riset kata kunci atau keyword yang umum dipakai oleh para blogger adalah menggunakan google keyword planner. Namun buat pemula perangkat ini terbilang cukup membingungkan, karena memiliki tampilan awal yang sedikit menjerumuskan ke halaman membuat kampanye AdWords pada saat pertama mendaftar.

Tujuannya ingin melakukan riset melihat volume pencarian, sebuah kata kunci dan mencari kata kunci yang relevan malahan adi mengarah ke halaman membuat iklan. Hal ini banyak dialami oleh para pemula yang masih belum tau cara menggunakan google keyword planner ini. Seperti inilah contoh halaman iklannya.

Halaman Membuat Iklan di Google Keyword Planner.

Nah buat kalian yang ingin menggunakan google keyword planner ini sebagai sarana riset keyword, disini saya akan memberikan tutorial yang benar agar kalian tidak masuk ke halaman membuat iklan AdWords.

Google Keyword Planner

  • Setelah memasukan email dan password nanti kalian akan masuk ke halaman Welcome to Google AdWords, disinilah orang banyak melakukan kesalahan sehingga masuk ke halaman membuat iklan. Di halaman ini kalian jangan klik Continue melainkan klik pada bagian Skip the guided setup.

Google Keyword Planner 1

  • Nanti akan dibawa masuk ke halaman baru, di sini kalian masukan alamat Gmail Kalian, Negara, zona waktu, dan mata uang yang digunakan. Jika sudah langsung saja klik Save and Continue.

Google Keyword Planner 2

  • Setelah terlihat halaman baru, lalu kalian lihat di menu atas klik pada bagian Tools, lalu berikutnya klik Keyword Planner.

Google Keyword Planner 3

  • Selanjutnya klik pada bagian Get search volume data and trends, untuk memulai melakukan riset kywords.

Google Keyword Planner 4

  • Silahkan kalian klik keywords yang ingin kalian lihat volume pencariannya, disini kalian bisa memasukan lebih dari satu keywords. Lalu pada bagian Targeting negara, pilih lah Indonesia jika yang kalian targetkan adalah Indonesia. Jika sudah selesai langsung klik Get search volume.

Google Keyword Planner 5

  • Nanti akan terlihat hasilnya, sebagai contoh lihat gambar di bawah ini:

Google Keyword Planner 6

  • Jika kalian ingin melihat keywords lain bisa memasukannya di kotak panjang di bagian atas, lalu klik saja Get Search Volume untuk menampilkan hasilnya.

Itu tadi cara menggunakan google keyword plannner, cara di atas adalah cara paling mudah untuk melakukan riset keywords atau kata kunci dan tentunya gratis. Buat kalian yang sudah pernah mencoba dan masuk ke halaman membuat iklan, kalian bisa mencobanya lagi menggunakan akun google mail yang baru.

Tags: #Google Keyword Planner #Riset Keyword

Banner iklan disini