4 Cara Root Terbaru untuk Semua Android Tanpa Menggunakan PC

Root merupakan proses untuk memberi izin ponsel pintar, tablet maupun piranti lain untuk berjalan pada sistem operasi Android yang bertujuan untuk mendapatkan kontrol yang lebih dalam dan lebih tinggi. Root Android dilakukan untuk mendapatkan akses penuh pada sistem operasi yang biasanya dibatasi oleh pabrik perangkat lunaknya. Proses root ini juga bertujuan untuk membantu menghapus atau mengganti sistem operasi pada Android secara keseluruhan.

Beberapa pengguna Android membutuhkan root pada perangkatnya untuk mendapatkan akses pada aplikasi tertentu yang membutuhkan root ponsel terlebih dulu sebelum menggunakan. Kegunaan lain dari root ponsel adalah:

  1. Untuk menyesuaikan ROM yang terpasang pada perangkat ponsel dan dapat mengubahnya untuk melakukan pemasangan kostum ROM.
  2. Untuk melakukan upgrade terbaru perangkat Android dengan memasang costum firmware (MIUI, CM11 dan CM12)
  3. Untuk meminimalkan kerja CPU perangkat untuk mengurangi panas hape dan memperpanjang usia baterai.
  4. Untuk meningkatkan kinerja ponsel ketika digunakan untuk bermain game.
  5. Bisa menabah kuantitas pada RAM internal yang biasanya hanya disediakan secara terbatas.

Namun seringkali proses rooting menjadi ribet karena harus terhubung dengan PC atau Laptop. Melalui artikel ini Kami akan membahas beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melakukan root pada semua Android tanpa PC.

Cara Root Android Tanpa PC atau Komputer yang Paling Aman Digunakan

Persiapan Rooting Android

Sebelum melakukan rooting pada ponsel Android, terlebih dahulu ada beberapa hal yang harus dipersiapkan ponsel Anda, antara lain:

  1. Anda harus memastikan baterai pada ponsel paling tidak berdaya diatas 50% (full charge lebih baik), yang bertujuan untuk menghindari proses shutdown selama proses rooting berlangsung.
  2. Anda harus melakukan Backup pada seluruh data di ponsel Anda (termasuk pemesanan, kontak, aplikasi dan lainnya).
  3. Anda juga perlu memastikan memiliki akses internet yang stabil selama proses rooting berlangsung untuk menghindari kegagalan proses rooting.
Baca Juga:  Fungsi Mi Cloud Pada Hp Xiaomi Ternyata Sangat Bermanfaat Sekali

Root Ponsel Android Tanpa PC dengan Aplikasi RootGenius

  • Anda perlu mengunduh aplikasi RootGenius untuk membantu melakukan root ponsel Android. Perlu diketahui bahwa aplikasi ini tersedia untuk Android maupun iOS. [ Download RootGenius ]
  • Setelah itu kemudian pasang aplikasi tersebut pada ponsel Anda dengan menekan pada ikon lingkaran pada aplikasi dan akan muncul kotak dialog bertuliskan apakah Anda ingin “Install/pasang Aplikasi Root” ini. Pilih saja dan setujui ketentuan yang tertera.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses pemasangan aplikasi selesai.
  • Setelah proses pemasangan selesai, akan muncul Emoticon yang bergambar jempol. Klik emoticon tersebut dan tunggu hingga proses rooting selesai.
  • Setelah itu Anda dapat melakukan otak atik aplikasi yang membutuhkan rooting setelah Anda selesai melakukan rooting ponsel.

Root Ponsel Android dengan Aplikasi Towelroot

  • Unduh aplikasi Towelroot pada ponsel Anda. Aplikasi ini berfungsi sebagai pihak ketiga untuk melakukan root pada ponsel Android. [ Download Towelroot ]
  • Setelah itu Install atau pasang aplikasi tersebut pada ponsel Anda dengan melakukan klik dan menyetujui ketentuan yang muncul pada kotak dialog.
  • Tunggu beberapa saat sampai proses instalasi aplikasi selesai.
  • Setelah proses pemasangan selesai, buka aplikasi dan akan ada tulisan “Make it Ra1n”. Klik tulisan tersebut dan tunggu beberapa saat hingga proses loading selesai.
  • Jika proses tersebut sudah selesai, maka Android Anda sudah dalam keadaan selesai di root.

Root Ponsel Android dengan Aplikasi FramaRoot

  • Pertama – tama Anda harus mengunduh aplikasi Framaroot sebagai aplikasi yang akan membantu Anda melakukan root ponsel Android tanpa bantuan PC atau laptop. [ Download FramaRoot ]
  • Setelah itu, pasang aplikasi tersebut di perangkat ponsel Anda.
  • Selanjutnya buka aplikasi Framaroot yang sudah terinstal.
  • Kemudian akan muncul tulisan “Install Super User”. Lalu klik pada tulisan tersebut, lalu pilih “Boromir”. Menu – menu tersebut bertujuan untuk melakukan rooting ponsel Android.
  • Tunggu hingga proses rooting perangkat selesai sapai muncul notifikasi “Super User Installed”.
  • Setelah proses rooting selesai, Anda akan diminta untuk melakukan restart ponsel Android Anda.
Baca Juga:  Cara Mudah Untuk Memperbaiki Hp Yang Terkena Air

Root Ponsel Android dengan Aplikasi Root Master

  • Unduh aplikasi Root Master di toko aplikasi Google Play Store untuk Andorid.
  • Setelah terunduh, pasang aplikasi tersebut pada ponsel Anda dan setujui syarat dan ketentuan yang berlaku untuk memasang aplikasi.
  • Tunggu beberapa saat sampai proses pemasangan selesai, dan jika sudah berhasil menginstal klik tombol bertulisan Root di tengah – tengah lingkaran.
  • Selanjutnya akan muncul pemberitahuan untuk melakukan instal Speed Booster. Pilih Batal.
  • Setelah itu Anda akan masuk ke proses rooting ponsel. Membutuhkan waktu beberapa menit hingga proses rooting selesai.
  • Jika sudah muncul kotak dialog bertanda ceklis atau centang, maka proses rooting sudah selesai 100%
    Terakhir, lakukan restart ponsel Anda.

Demikian beberapa Cara Root Terbaru untuk Semua Android tanpa harus terhubung dengan PC atau Laptop. Penggunaan aplikasi pihak ketiga tersebut untuk rooting ponsel Android dinilai aman untuk perangkat. Selamat mencoba!

Apabila ada link download yang tidak berfungsi atau ada masukan lainnya bisa kalian sampaikan di kolom komentar, agar kami bisa segera memperbaikinya artikel blog Bandingan.com ini. Terimakasih.

Suka dengan artikel kami? Like dibawah ini!

ADD YOUR COMMENT

%d blogger menyukai ini: