Cara Cek Android Kamu Asli atau Palsu Tanpa Bongkar

281 views

Cek keaslian smartphone android memang perlu dilakukan agar kita tahu smartphone yang kita miliki itu asli atau palsu. Seperti yang kita tahu saat ini banyak vendor atau perusahaan yang dengan leluasa mengembangkan smartphone android.

Dampaknya adalah banyaknya pilihan smartphone android yang sangat beragam. Bahkan ada juga pihak yang tidak bertanggung jawab membuat smartphone tiruan yang sangat mirip dengan aslinya dan dijual dengan harga lebih murah. Nah, kamu pasti tidak mau kan sudah membeli dengan banyak uang ternyata barangnya palsu. Cek keaslian smartphone kamu dengan beberapa cara dibawah ini.

Baca Juga :

Cara Cek Smartphone Asli atau Palsu

Biasanya pihak penjual tidak bertanggung jawab dan hanya beralasan smartphone blackmarket yang berasal dari Batam. Tentu saja ada perbedaan spesifikasi yang jauh berbeda dengan smartphone aslinya. Cek smartpone kamu tanpa membongkarnya.

1. Cek Charger dengan Ampere

Kini kamu bisa mengetahui keaslian charger bawaan smartphone tanpa membongkarnya. caranya kamu harus install aplikasi Ampere di Playstore. Aplikasi ini berguna untuk mengukur besarab arus yang keuar dari charger, namun jika arus yang dikeluarkan sangat kecil itu tandanya charger palsu. Jika chargernya saja palsu, kemungkinan smartphone kamu juga palsu.

2. Cek Kelengkapan Smartphone

Dari segi kelengkapan, smartphone asli dan palsu itu juga berbeda lho. Perbedaan bukan terlihat dari jumlah melainkan dari kualitas. Smartphone palsu biasanya dibekali dengan charger dan kabel kualitas rendah.

Charger smartphone black market biasanya dibekali adaptor yang tidak sesuai dengan negara tempatnya dijual. Selain itu, detail charger smartphone palsu biasanya mudah terkelupas.

3. AIDA

Untuk mengetahui keaslian smartphone, kamu download aplikasi AIDA dulu. Setelah AIDA muncul di layar smartphone, samakan spesifikasi yang muncul dengan spesifikasi di website resminya.

Jika spesifikasi tidak sesuai, bisa dipastikan smartphone kamu itu KW. Tidak bisa dipungkiri bahwa kita membeli smartphone karena tergiur bukan hanya karena harganya, melainkan dari spesifikasi dan fitur yang ditawarkan.

4. AnTuTu

AnTuTu bukan mutlak dalam penentuan performa smarphone. Tapi ini bisa dijadikan patokan pembanding keaslian smartphone Android. Untuk mengeceknya kamu harus download aplikasi AnTuTu di playstore dan segera cari tahu skore AnTuTu smartphone kamu. Jika angkanya terpaut jauh kamu harus curiga dengan keasliannya.

5. Cek IMEI

Untuk mengecek IMEI smartphone kamu bisa langsung masuk ke menu Pengaturan -> Tentang Ponsel atau  bisa dengan menu Dial Phone dengan menekan *#06#. Setalah mengetahui IMEI kamu,

cek di website http://www.imei.info/. Jika muncul informasi yang tidak sesuai dengan informasi yang seharusnya, kamu patut curiga terhadap keaslian smartphone itu.

Itu dia cara cek keaslian smartphone menggunakan aplikasi. Apakah smartphone kamu sudah dicek keasliannya?

Tags: #Android #Aplikasi #Galaxy #Play Store #Samsung #Tips dan Tutorila #Xiaomi

Banner iklan disini