Penyebab dan Cara Mengatasi Foto dan Video Tidak Keluar di Galery

314 views

Android memang sudah termasuk perangkat yang sangat canggih, namun terkadang masih saja mengalami masalah atau problem. Salah satu masalah yang sering terjadi diantaranya file foto dan video yang tidak muncul di galery hp. Hal itu terkadang kerap membuat bingung, kemanakah larinya file-file tersebut.

Memang sewajarnya file gambar atau foto dan file video entah itu yang kita download dari internet, atau kiriman dari hp lain, atau hasil dari kamera hp kita langsung otomatis muncul di galery. Namun terkadang hal sebaliknya lah yang terjadi, kebanyakan file-file yang tidak terbaca di galery adalah file yang tersimpan di SD Card.

Masalah Android tidak bisa menampilkan file foto dan video di galery seperti ini tidak hanya terjadi di hp menengah kebawah saja, hp merk terkenal seperti Samsung, Sony, Nokia, LG, Lenovo, Oppo, Asus dan merek lainnya. Jadi jangan heran kalau kalian memiliki hp mahal namun mengalami masalah seperti ini, karena hal ini tidak semuanya karena kesalahan pada hp nya. Ada faktor lain yang bisa memicu dan menyebabkannya.

Cara Mengatasi File Foto dan Video Yang Tidak Muncul di Galery

Baca Juga:

Sebelum membahas cara mengatasinya, kita harus tahu dulu penyebab foto dan video tidak muncul di galery berikut ini:

  1. Memori exsternal atau SD Card yang memiliki kualiatas buruk, sehingga sulit dibaca oleh hp kita.
  2. Memori exsternal atau SD Card rusak dan tidak lagi terbaca di hp, sehingga file yang didalamnya tidak tampil di hp kita.
  3. Memori exsternal atau SD Card sudah hampir penuh.
  4. File foto dan video tersimpan di folder yang terlalu dalam ( folder di dalam folder)

Sekarang sudah tahu penyebabnya, sekarang kita bahas cara mengatasi foto dan video yang tidak muncul di galery berikut ini:

Sebenarnya ada banyak cara untuk mengatasi masalah seperti ini, saya sudah mengumpulkan beberapa yang terbukti berhasil mengatasinya. Jadi kalian bisa mencobanya satu-persatu cara yang saya tuliskan dibawah ini agar foto dan video bisa terbaca di galery hp kalian.

  • Cari file yang tidak terbaca, lalu pindahkan.

Pertama coba kalian cari file yang tidak muncul tersebut, jika hasil download coba cek di folder download, jika hasil kiriman dari hp lain coba cari di folder bluetooth. Jika file ternyata tersimpan di SD Card coba kalian pindahkan ke memori internal hp, lalu restart hp kalian.

  • Hapus file “nomedia”.
  1. Gunakan aplikasi file manager seperti Ez File Exsplorer, bisa kalian download aplikasinya DISINI.
  2. Lalu buka aplikasinya, dan cari file foto dan video yang tidak muncul tersebut di aplikasi file manager tadi.
  3. Lihat apakah di folder tempat menyimpan file tersebut ada file yang bernama “nomedia” jika ada segera hapus file tersebut.
  4. Jika sudah, segera restart hp kalian, dan cek apakah sudah muncul atau belum.
  • Bersihkan SD Card.
  1. Pindahkan ke pc atau laptop file-file penting yang ada di SD Card terlebih dahulu, termasuk file foto dan video yang tidak mau muncul.
  2. Langkah selanjutnya, kalian format SD Card kalian, ini bertujuan untuk membersihkan SD Card kalian.
  3. Jika sudah masukan lagi file yang tadi dipindahkan.
  4. Pasang kembali SD Card di hp kalian dan coba lihat apakah file sudah keluar atau belum di galery.
  • Pasang aplikasi QuickPic.
  1. Download dulu aplikasi QuickPic, bisa kalian download DISINI.
  2. Lalu buka aplikasinya, tunggu 1-2 menit lalu kalian periksa galery hp kalian.

QuickPic adalah aplikasi untuk menampilkan semua file foto dan video yang ada di hp kalian, dengan dilengkapi fitur file scaning yang mampu membaca SD Card dengan sangat baik.

  • Hapus data aplikasi Galery.
  1. Masuk ke pengaturan – aplikasi –  semua – cari aplikasi galery – hapus data.
  2. Jika sudah restart android kalian.
  3. periksa galery, apakah file sudah terbaca atau belum.
  • Pakai aplikasi Rescan Media Root.
  1. Download aplikasi Rescan Media Root DISINI.
  2. Catatan hp android kalian harus sudah di root, jika belum bisa membacanya caranya disini: Cara Root Hp Android
  3. Jika sudah di download segera buka dan jalankan aplikasinya.
  4. Jika sudah berikutnya kalian buka lagi galery, apakah file sudah terbaca atau belum.

Perlu diketahui melakukan root pada Android sangat beresiko mengakibatkan bootlop, terlebih jika terjadi kegagalan dalam proses root. Jadi jika kalian ragu saran saya jangan gunakan cara yang satu ini.

  • Kembali ke pengaturan pabrik.

Jika semua cara di atas sudah dilakukan dan belum bisa memecahkan masalah yang kalian alami, coba kalian atur atau kembalikan lagi hp kalian ke pengaturan pabrik. Dengan melakukan ini akan bisa memperbaiki semua masalah yang terjadi di hp tersebut. Namun jangan lupa untuk membackup semua file yang ada di memori internal agar nantinya tidak ikut terhapus.

Baiklah itu tadi sedikit informasi dari saya mengenai penyebab dan cara mengatasi file foto dan video tidan tampil di galery, semoga bisa bermanfaat buat kalian yang sedang mengalami masalah seperti ini. Simak terus Bandingan.com untuk mendapatkan informsai penting lainnya dari kami.

Tags: #Foto #Galery #Video

Banner iklan disini