Cara Merawat Power Bank (PB) Supaya Tidak Cepat Rusak

77 views

Power Bank – Gadget memang telah menjadi bagian dari hidup di era modern sekarang. Fungsi dan manfaatnya membuat gadget menjadi barang wajib.

Gadget digunakan oleh setiap orang dengan berbagai ragam sesuai kebutuhannya. Pemakaian secara terus menerus memicu kebutuhan daya yang lebih besar. Sedangkan waktu pengisian daya yang sangat terbatas. Karena hal itu munculah teknologi pengisi baterai gadget tanpa harus menghubungkannya ke listrik. Oleh karena itu munculah Power Bang sebagai solusi gampang untuk memenuhi daya baterai smartphone kamu.

Cara Merawat Power Bank

Namun, sama dengan peralatan elektronik lainnya, PB pun bisa menurun kualitasnya. Bisa drop dan bahkan kerusakan. Dirtikel kali ini Saya akan membagikan cara mudah merawat PB supaya tidak mudah rusak.

Baca Juga :

Cara Merawat Power Bank :

1. Menggunakan Charger yang Tepat

Sesuaikan output tegangan charger dengan PB. Jangan terlalu besar maupun terlalu kecil. Jangan sampai terjadi ledakan saat pengisian karena keduanya memiliki kekurangan saat pengisian daya. Gunakan charger bermerk dan pengisian supaya kualitas tetap terjaga.

2. Gunakan Kabel yang Baik

Pastikan kamu menggunakan kabel yang baik dan stabil untuk mengalirkan arus listrik. Pastikan kedua USB masih bagus dan terpasang tepat supaya tidak mudah lepas.

3. Dibersihkan Secara Rutin

PB akan tetap terlihat bersih dan menarik ketika kita rajin membersihkannya. Kebersihan komponen dari debu ataupun embun bisa menjadi awet. Buat kamu yang bertempat di suhu rendah, sebaiknya rutin mengelap dengan tisu disekitar catunya.

4. Simpan di Suhu Ruang

Simpan PB di suhu udara normal. Cell dalam baterai didalamnya sangat sensitif dengan perubahan suhu.

5. Hindari Benturan

Komponen elektronik memang mudah terkoyak atau geser saat ada benturan. Maka usahakan sebisa mungkin jangan sampai terkena benda keras ataupun terjatuh.

6. Jangan Kehabisan Daya

Pengisian juga berpengaruh besar terhadap kualitas PB. Jangan biarkan PB sampai habis 0%. Usahakan setidaknya tersisa 20% untuk tetap menjaga cell baterai didalamnya.

7. Tetap Isi Daya Meskipun Tidak Terpakai

Jika PB lama tidak digunakan, ada baiknya untuk tetap mengisinya. Namun jangan terlalu sering ya, hal ini bertujuan untuk menjaga kestabilan power dan cell baterainya.

8. Gunakan Sesuai Kebutuhan

Saat smartphone dalam keadaan lowbatt adalah saat yang tepat untuk mengisnya. Pemakaian yang terlalu sering bisa menurunkan kemampuan charging PB kamu. Jadi jika sedang dirumah, sebaiknya gunakan charger saja.

9. Jangan Bermain Gadget Saat Pengisian

Saat smartphone terhubung dengan PB, sebaiknya jangan pergunakan terlebih dahulu. Hal ini membuat arus listrik tidak stabil. Dampak buruknya bisa terjadi kebakaran perangkat tersebut.

10. Hindar Charge Berlebihan

Hal ini sering dilakukan. Jangan sampai over charging, trutama pada PB yang tidak mendukung over charging protection. Pengisian yang terlalu lama bisa menyebabkan kerusakan komponen dan kerusakan pada PB.

Perawatan terbaik akan berdampak baik pula terhadap kualitas PB menjadi lebih awet, tidak mudah rusak dan tidak mudah drop.

Tags: #Android #Power Bank #Smartphone

Banner iklan disini