4 Penyebab Blog Terkena Banned Adsense Yang Paling Umum Terjadi

2275 views

Bukan hal tidak mungkin memang sebuah blog terkena banned adsense, maka dari itu wajib buat kalian para blogger untuk mematuhu kebijakan program adsense itu sendiri. Itu semua bertujuan agar blog maupun akun google adsense kalian tetap aman dan bisa terus digunakan tanpa harus terkena banned.

Akan tetapi saya lihat masih banyak sekali blog yang tidak sesuai dengan kebijakan dari google adsense, entah itu karena tidak sengaja, atau memang sengaja dilakukan untuk meningkatkan penghasilan mereka. Padahal hal itu jelas melanggar dan resikonya bisa sangat fatal.

Masih beruntung jika hanya blognya saja yang dibaned tidak bisa dipasang iklan google adsense, bagaimana apabila akun adsensenya ikut kebanned? Sudah jelas kalian akan mengalami kerugian yang sangat banyak, karena sudah dipastikan tidak akan mendapatkan pembayaran gaji. Apalagi pihak google sendiri kebanyakan melakukan banned adsense saat akan gajian.

Nah maka dari itu buat kalian para blogger sekaligus publisher AdSense sebaiknya simak 4 penyebab blog terkena banned adsense berikut ini.

Penyebab Blog Terkena Banned Adsense

  • Memunculkan Iklan di Halaman Pencarian.

Sebenarnya kebijakan program AdSense sendiri tidak ada larangan mengenai hal ini, namun ada satu faktor yang ternyata berbahaya memasang iklan di halaman pencarian. Dan hal ini bisa mengakibatkan blog kalian dibanned oleh google Adsense. Faktor tersebut adalah dikhawatirkan ada pengunjung yang memasukan atau mencari di pencarian blog kita menggunakan kata kunci yang tidak pantas.

Seperti misalnya “cerita dewasa” atau yang sejenisnya, karena nantinya kata kuci tersebut akan muncul di URL dan halaman pencarian. Itulah mengapa sebaiknya kalian menghindari tampilnya iklan google AdSense di halaman pencarian.

  • Membuat Label Iklan Yang Mengundang Klik.

Hal ini memang cukup jarang saya temukan di blog-blog yang beredar baik itu di halaman pencarian search engin maupun di sosial media, namun pernah saya menemukan blog yang memberi label pada iklan google AdSensenya menggunakan kata-kata yang mengundang klik. Sebagai contoh seperti gambar di bawah ini.

Padahal google AdSense hanya mengizinkan pemasangan label “Iklan” dan “Pesan Sponsor” saja, selain kata itu sangatlah dilarang keras. Apalagi jika sudah menggunakan label yang sangat menyesatkan pengunjung sehingga terjadinya klik yang tidak disengaja.

  • Terjadinya Tumpang Tindih Antara Iklan dan Konten Blog.

Adanya konten atau menu pada blog yang tumpang tindih dengan iklan google AdSense ternyata juga berbahaya, dan dapat mengakibatkan blog dibanned google AdSense. Disini tidak hanya konten menutupi iklan, tapi iklan menutupi konten ternyata juga berbahaya. Sebagai contoh seperti gambar dibawah ini:

Jika terjadi hal seperti gambar di atas itu juga berbahaya, karena dianggap bisa mengakibatkan klik yang tidak sengaja. Saya berikan sedikit saran agar hal seperti itu terjadi:

  1. Jangan memasang iklan kalian dibawah menu navigasi dropdown.
  2. Jangan menggunakan widget melayang menutupi konten dan iklan.
  3. Jangan menaruh iklan berdekatan dengan iklan satunya, apalagi sampai berdempet-dempetan.
  4. Jika konten artikel kalian pendek, hindari memasang iklan di awal artikel.
  • Blog Terlalu Sering Melakukan Pelanggaran.

Jika blog kalian terlalu sering mendapatkan peringatan dari google AdSense, semisal terlalu banyak konten atau isi blog kalian yang melanggar kebijakan dari program AdSense hal ini juga bisa menyebabkan terjadinya blog dibaned AdSense. Agar hal ini tidak terjadi kalian sebagai bloger sekaligus publisher google AdSense wajib mengetahui kebijakan dari program ini, buat yang belum tahu bisa membacanya disini.

Itulah tadi beberapa penyebab blog terkena banned AdSense yang paling umum terjadi, bahkan beberapa diantaranya pernah saya alami sendiri. Saran saya kita sebagai publisher main aman saja, jangan melakukan cara curang karena itu akan merugikan kalian sendiri. Terimakasih buat kalian yang sudah berkunjung di Bandingan.com, simak terus blog sederhana saya ini untuk mendapatkan informasi bermanfaat lainnya.

Tags: #Adsense #Blog

Banner iklan disini